Selasa, 09 Juni 2015

LANGKAH BAIK MENUJU GADING YANG SEJAHTERA


Penulis: Ince suato (ascot CD Kabupaten Rejang Lebong)
Ada petuah dari tetua yang berbunyi Tidak Ada Sesuatu yang Mustahil Untuk Dirubah Menjadi Baik Asalkan Kita Mau Merubahnya Menjadi Baik

            Sama halnya seperti BKM lainnya, BKM Gading Sejahtera Desa Air Meles Bawah juga pernah mengalami masa dimana roda organisasi tidak berjalan sebabagimana mestinya sampai-sampai masyarakat menganggap apa yang dilakukan oleh BKM hanyalah sebatas proyek dari pemerintah. Hal itu terjadi karena manajemen yang diterapkan oleh BKM pada masa lalu tidak terlalu baik, entah itu dari segi monev, perencanaan, pendokumentasian kegiatan, bahkan hingga kepenyelesaian pengaduan yang masuk dari masyarakat, hingga penerima manfaat kegiatan yang tidak nyata manfaatnya langsung bagi KK Miskin.
            Bertitik tolak dari hal itulah ketika terjadi pemilihan ulang BKM pada tahun 2011, seluruh unsur yang ada didalam masyarakat secara bulat bersepakat untuk memilih orang-orang yang benar-benar memiliki kemampuan dan kemauan untuk membangun serta berempati yang tinggi untuk keluarga miskin yang ada didesa Air Meles Bawah.
Mulai dari perencanaan kegiatan, semua usulan yang masuk benar-benar merupakan aspirasi dari masyarakat yang disampaikan melalui diskusi Refleksi Kemiskinan Hingga Pemetaan Swadaya. Termasuk juga BKM dan UP yang merupakan motor penggeraknya juga sudah memiliki rencana kerja masing masing, dimana rencana kerja tersebut merupakan Implementasi dari PJM yang telah disusun.
            Tidak hanya sebatas itu, ketika pelaksanaan kegiatannya juga BKM selalu melibatkan semua unsur yang ada didalam masyarakat dalam rangka pengawasan proses kerjanya hingga pengevaluasian terhadap hasil kerja. Hal ini dilakukan karena BKM memang benar-benar mengharapkan partisipasi aktif semua unsur yang ada didalam masyarakat dalam pelaksanaan program. Selain itu BKM juga ingin menciptakan stikma didalam masyarakat bahwa semua program kerja yang dilaksanakan oleh BKM benar-benar merupakan hal-hal yang menjadi kebutuhan mendesak didalam masyarakat khususnya kebutuhan KK Miskin, dan BKM ingin menciptakan anggapan bahwa semua yang dikerjakan adalah hak milik bersama masyarakat sehingga sewaktu proses pengerjaannyapun peran serta aktif masyarakat dalam hal kontrol, monitoring serta evaluasinya benar-benar diharapkan oleh BKM.
            Salah satu permasalahan yang terjadi sebelumnya adalah tidak adanya sebuah sistem atau manajemen yang baik terkait pendokumentasian kegiatan. Terkait hal ini pun juga menjadi perhatian khusus BKM. Sebuah langkah nyata yang dilakukan oleh BKM adalah membuat sebuah sistem pendokumentasian kegiatan yang sifatnya lebih terstruktur dan baik. BKM difasilitasi oleh aparat desa khususnya bapak kepala desa memberikan sebuah ruangan khusus dibalai desa air meles bawah yang dapat digunakan sebagai sekretariat BKM. Selanjutnya setelah sekretariat BKM telah ada, BKM juga mengumpulkan dan menyusun secara baik seluruh dokumen-dokumen penting terkait pengarsipan dan dokumentasi kegiatan. Selain disekretariat tadi khusus untuk dokumentasi kegiatan BKM juga telah menyiapkan sebuah papan informasi yang juga digunakan untuk menempel seluruh informasi terkait program termasuk dokumentasi kegiatan. Harapannya adalah masyarakat yang selama ini susah untuk mendapatkan gambaran dan informasi terkait kegiatan yang sedang dijalankan sudah tidak kesulitan lagi untuk mengakses semuanya karena sudah ada seluruhnya disekretariat BKM.
            Selain papan informasi BKM juga mengaktifkan lagi kotak pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan seluruh proses kegiatan, sehingga semua saran, kritik dan masukan dapat disampaikan kepada BKM untuk kemudian diklarifikasi dan dijelaskan dengan baik kepada masyarakat. Satu hal yang paling penting dalam program PNPM adalah penerima manfaat. Ini juga menjadi perhatian khusus oleh BKM karena hasil evaluasi yang mereka lakukan bahwa selama ini semua kegiatan yang dilaksanakan lebih kepada kepentingan sekelompok orang tanpa melihat serta memikirkan para keluarga miskin. Terkait hal tersebut selruh ususlan maupun kegiatan yang dilaksanakan adalah semua usulan yang berasal dari masyarakat yang lebih difokuskan kepada kebutuhan KK Miskin untuk beraktifitas dalam p  emenuhan kebutuhannya sehari-hari.
            Sekarang apa yang dicita-citakan oleh BKM yaitu program yang lebih dirasakan oleh masyarakat khususnya KK Miskin serta Organisasi BKM yang terpercaya, dan transparan dapat tercapai, sekaligus ini pembuktian yang ingin disampaikan oleh BKM bahwa “Tidak Ada Sesuatu yang Mustahil Untuk Dirubah Menjadi Baik Asalkan Kita Mau Merubahnya Menjadi Baik”.


Kontak Person :
BKM Gading Sejahtera Desa Air Meles Bawah kabupaten Rejang lebong
1.      Pakde Suhadi (PK BKM Gading Sejahtera)  :  08127354150
2.      Bulek Ramadhani Purnama  (Kordinator BKM)  :  085383182021
3.      Mak Suep Dewi Herlinda  (SF TF-12)  :  (085267346778)
4.      Mak Mon Yeni Aprianti (FE Tf-12)  :  085378687776
5.      Mbak Desri Ariani JJ  (F-PPMK TF-12)  :  081377602811
6.      Uda Hendry Meliantoni Bombom (F.CD TF-12)  :  085379884987
7.      Papi ZieZie Sadian PLT  (F.CD TF-12)  :  085268067828
Oom Rizon Mupe  (FT TF-12)  :  085268282726

Related Posts

LANGKAH BAIK MENUJU GADING YANG SEJAHTERA
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Tambahkan komentar anda di bawah ini