Penulis: Ince
suato (ascot CD Kabupaten Rejang Lebong)
Ada
petuah dari tetua yang berbunyi Tidak Ada Sesuatu yang Mustahil Untuk Dirubah
Menjadi Baik Asalkan Kita Mau Merubahnya Menjadi Baik
Sama
halnya seperti BKM lainnya, BKM Gading Sejahtera Desa Air Meles Bawah juga
pernah mengalami masa dimana roda organisasi tidak berjalan sebabagimana
mestinya sampai-sampai masyarakat menganggap apa yang dilakukan oleh BKM
hanyalah sebatas proyek dari pemerintah. Hal itu terjadi karena manajemen yang
diterapkan oleh BKM pada masa lalu tidak terlalu baik, entah itu dari segi
monev, perencanaan, pendokumentasian kegiatan, bahkan hingga kepenyelesaian
pengaduan yang masuk dari masyarakat, hingga penerima manfaat kegiatan yang
tidak nyata manfaatnya langsung bagi KK Miskin.
Bertitik
tolak dari hal itulah ketika terjadi pemilihan ulang BKM pada tahun 2011,
seluruh unsur yang ada didalam masyarakat secara bulat bersepakat untuk memilih
orang-orang yang benar-benar memiliki kemampuan dan kemauan untuk membangun
serta berempati yang tinggi untuk keluarga miskin yang ada didesa Air Meles
Bawah.
Mulai dari perencanaan
kegiatan, semua usulan yang masuk benar-benar merupakan aspirasi dari
masyarakat yang disampaikan melalui diskusi Refleksi Kemiskinan Hingga Pemetaan
Swadaya. Termasuk juga BKM dan UP yang merupakan motor penggeraknya juga sudah
memiliki rencana kerja masing masing, dimana rencana kerja tersebut merupakan
Implementasi dari PJM yang telah disusun.
Tidak
hanya sebatas itu, ketika pelaksanaan kegiatannya juga BKM selalu melibatkan
semua unsur yang ada didalam masyarakat dalam rangka pengawasan proses kerjanya
hingga pengevaluasian terhadap hasil kerja. Hal ini dilakukan karena BKM memang
benar-benar mengharapkan partisipasi aktif semua unsur yang ada didalam
masyarakat dalam pelaksanaan program. Selain itu BKM juga ingin menciptakan
stikma didalam masyarakat bahwa semua program kerja yang dilaksanakan oleh BKM
benar-benar merupakan hal-hal yang menjadi kebutuhan mendesak didalam
masyarakat khususnya kebutuhan KK Miskin, dan BKM ingin menciptakan anggapan
bahwa semua yang dikerjakan adalah hak milik bersama masyarakat sehingga
sewaktu proses pengerjaannyapun peran serta aktif masyarakat dalam hal kontrol,
monitoring serta evaluasinya benar-benar diharapkan oleh BKM.
Salah
satu permasalahan yang terjadi sebelumnya adalah tidak adanya sebuah sistem
atau manajemen yang baik terkait pendokumentasian kegiatan. Terkait hal ini pun
juga menjadi perhatian khusus BKM. Sebuah langkah nyata yang dilakukan oleh BKM
adalah membuat sebuah sistem pendokumentasian kegiatan yang sifatnya lebih
terstruktur dan baik. BKM difasilitasi oleh aparat desa khususnya bapak kepala
desa memberikan sebuah ruangan khusus dibalai desa air meles bawah yang dapat
digunakan sebagai sekretariat BKM. Selanjutnya setelah sekretariat BKM telah
ada, BKM juga mengumpulkan dan menyusun secara baik seluruh dokumen-dokumen
penting terkait pengarsipan dan dokumentasi kegiatan. Selain disekretariat tadi
khusus untuk dokumentasi kegiatan BKM juga telah menyiapkan sebuah papan
informasi yang juga digunakan untuk menempel seluruh informasi terkait program
termasuk dokumentasi kegiatan. Harapannya adalah masyarakat yang selama ini
susah untuk mendapatkan gambaran dan informasi terkait kegiatan yang sedang
dijalankan sudah tidak kesulitan lagi untuk mengakses semuanya karena sudah ada
seluruhnya disekretariat BKM.
Selain
papan informasi BKM juga mengaktifkan lagi kotak pengaduan masyarakat terkait
pelaksanaan seluruh proses kegiatan, sehingga semua saran, kritik dan masukan
dapat disampaikan kepada BKM untuk kemudian diklarifikasi dan dijelaskan dengan
baik kepada masyarakat. Satu hal yang paling penting dalam program PNPM adalah
penerima manfaat. Ini juga menjadi perhatian khusus oleh BKM karena hasil
evaluasi yang mereka lakukan bahwa selama ini semua kegiatan yang dilaksanakan
lebih kepada kepentingan sekelompok orang tanpa melihat serta memikirkan para
keluarga miskin. Terkait hal tersebut selruh ususlan maupun kegiatan yang
dilaksanakan adalah semua usulan yang berasal dari masyarakat yang lebih
difokuskan kepada kebutuhan KK Miskin untuk beraktifitas dalam p emenuhan kebutuhannya sehari-hari.
Sekarang
apa yang dicita-citakan oleh BKM yaitu program yang lebih dirasakan oleh
masyarakat khususnya KK Miskin serta Organisasi BKM yang terpercaya, dan
transparan dapat tercapai, sekaligus ini pembuktian yang ingin disampaikan oleh
BKM bahwa “Tidak Ada Sesuatu yang Mustahil Untuk Dirubah Menjadi Baik
Asalkan Kita Mau Merubahnya Menjadi Baik”.
Kontak Person :
BKM Gading Sejahtera Desa Air Meles Bawah kabupaten Rejang lebong
1.
Pakde Suhadi (PK BKM
Gading Sejahtera) : 08127354150
2.
Bulek Ramadhani
Purnama (Kordinator BKM) :
085383182021
3.
Mak Suep Dewi
Herlinda (SF TF-12) :
(085267346778)
4.
Mak Mon Yeni Aprianti
(FE Tf-12) : 085378687776
5.
Mbak Desri Ariani
JJ (F-PPMK TF-12) :
081377602811
6.
Uda Hendry Meliantoni
Bombom (F.CD TF-12) : 085379884987
7.
Papi ZieZie Sadian
PLT (F.CD TF-12) :
085268067828
Oom Rizon Mupe
(FT TF-12) : 085268282726
LANGKAH BAIK MENUJU GADING YANG SEJAHTERA
4/
5
Oleh
OC2 Bengkulu
Tambahkan komentar anda di bawah ini